Qurban dan Aqiqah Penjelasan dari aqiqahalkautsar.com

Aqiqahalkautsar.com – Sebetulnya lebih bagus mana antara Qurban dan Aqiqah yang harus didahulukan? Dalam kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas tentang pengertian aqiqah dan qurban berdasarkan hukumnya. Ada juga perbedaan qurban dan aqiqah.

Pengertian Menyembelih Qurban dan Aqiqah
Qurban adalah bahasa arab yang artinya dekat. Qurban juga mempunyai arti binatang sembelihan (ternak). Beberapa hewan Qurban adalah unta, sapi, domba, biri biri dan kambing.

Sedangkan untuk Aqiqah cukup berbeda dengan pengertian Qurban. Untuk Aqiqah memiliki arti memotong. Lalu hewan apa saja yang diwajibkan untuk di sembelih? Hewan yang untuk Aqiqah adalah kambing dan domba. Para ulama mangatakan bahwa hari yang dianjurkan melakukan Aqiqah hari ke 7,14 dan 21. Dilakukan Aqiqah adalah bertujuan untuk kita mengungkapkan rasa bersyukur kita atas apa yang telah allah berikan karunia berupa anak, baik itu perempuan ataupun laki laki.

Pada acara slametan Aqiqah umumnya dibarengin dengan acara potong rambut sang anak dan juga pemberian nama. Pemberian nama untuk anak bagusnya menggunakan nama nama islam.

Qurban dan Aqiqah adalah sebuah bentuk ibadah dalam agama islam yang mempunyai perbedaan dan persamaan. Walaupun sama sama menyembelih hewan (ternak), namun masing masing mempunyai maksud dan tujuan atau hajat berbeda.

Sejarah melakukan Qurban awal mula berasal dari peristiwa Nabi Ibrahim yang diutus oleh malaikat untuk menyembelih putranya. Dengan kejadian tersebut yang terakhir oleh Nabi Muhammad SAW meneruskan syariat yang di syiarkan kepada seluruh umat manusia umat di Dunia yang dianjurkan untuk menunaikan Aqiqah dan Qurban. Syariat tersebut dianjurkan untuk dilakukan oleh umat manusia dari dulu sampai sekarang.
Apakah Aqiqah dan Qurban memiliki ketentuan dilaksanakan bersamaan? Seperti yang sudah saya jelaskan pada awal artikel bahwa melaksanakan Qurban dan Aqiqah mempunyai waktu berbeda dan mempunyai kesamaan yaitu sama sama menyembelih hewan peliharaan atau hewan ternak.

Untuk waktu yang sudah ditentukan untuk melaksanakan Qurban adalah pada tanggal 10,11,12,13 tepatnya pada bulan haji, sedangkan untuk melaksanakan Aqiqah dianjurkan untuk dilaksanakan pada hari lahiran pas ke 7 hari. Jadi sekarang sudah cukup jelas bukan tentang Aqiqah dan Qurban?
Lalu apakah Qurban dan Aqiqah mempunyai jenis jumlah sama dalam menyembelih? Dari sekian banyaknya jenis hewan, untuk hewan yang diperuntukan untuk Qurban dalah yang mempunyai kaki 4 dan halall dagingnya. Jenis hewan mungkin Anda sudah tidak asing lagi, yaitu ada sapi, kerbo, kambing, rusa, biri biri, onta, domba dll.

Sedangkan untuk hewan yang dianjurkan untuk di Aqiqah hanya diperbolehkan kambing, domba dan biri biri. Dari daftar hewan yang sudah saya sebutkan mempunyaii syarat ketentuan, yaitu mempunyai fisik sehat dan tidak cacat. Anda ngga mau ribet? Bisa pakai jasa di aqiqahalkautsar.com.
Cukup jelas bukan? Sekian dan semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *