Pemanasan Wajib Sebelum Latihan Muay Thai Jakarta Barat Paling Penting

Latihan Muay Thai Jakarta Barat-Dalam melakukan olahraga, sangat penting untuk pemanasan terlebih dahulu. Begitu pula dalam olahraga muay thai. Lantas, apa saja jenis pemanasan yang bisa dilakukan?
1. Regangkan otot Anda
Peregangan merupakan hal yang penting sebelum Anda melakukan aktivitas fisik apa pun. Bela diri juga membutuhkan otot dan persendian yang lentur karena sangat mudah bagi Anda untuk mengalami otot kejang maupun tertarik apabila Anda tidak hati-hati. Luangkan waktu minimal 10 menit dalam melakukan pemanasan pada setiap kelompok otot utama yang nantinya akan Anda gunakan pada hari itu sebelum Anda beralih menuju ke rutinitas pemanasan yang lain.

a. Cobalah melakukan peregangan dengan cara memutar perut. Berbaringlah telungkup dengan pinggul Anda tetap berada di atas lantai, lalu angkat tubuh Anda dengan cara meluruskan lengan sebelum memutar tubuh ke salah satu bahu (setelah itu selanjutnya ke bahu yang lain) ke arah lantai.

b. Regangkan hamstring (paha bagian belakang) dengan cara menempatkan salah satu kaki di lantai dan kaki yang lain di atas meja ataupun berbagai perabot rumah tangga lain yang lebih tinggi dari lantai. Tekuklah lutut dan turunkan dada dengan secara perlahan ke arah lutut sebelum beralih ke sisi tubuh yang lain.

c. Regangkan aduktor (otot yang memang berfungsi menggerakkan anggota tubuh) dengan menjaga agar salah satu kaki bisa tetap menempel pada lantai (dengan jari kaki menghadap ke depan) dan menekuk kaki yang lain (dengan jari kaki yang menghadap ke arah luar, menjauh dari tubuh Anda). Turunkan tubuh Anda dan regangkan otot pangkal paha Anda secara perlahan sebelum beralih ke sisi tubuh yang lain.

2. Kendurkan persendian
Persendian memiliki peranan yang memang sangat penting dalam kelenturan tubuh saat Anda mempraktikkan Muay Thai. Anda harus dapat bergerak dengan lancar, yang akan sulit dilakukan apabila persendian Anda terlalu kaku atau terkunci. Dengan melakukan pemanasan pada persendian, maka Anda akan menjadi lemas dan lentur waktu menjalani latihan dan latih tanding berikutnya.

3. Lakukan latihan kardiovaskular
Muay Thai dan jenis bela diri yang lain akan memerlukan gerakan yang cepat dan kuat. Salah satu cara terbaik untuk berlatih Muay Thai (termasuk juga dalam pemanasan sebelum latihan) adalah melakukan latihan kardio yang baik. Anda dapat melakukan berbagai cara untuk meningkatkan denyut jantung dan pernapasan. Jadi, disini cobalah melakukan beberapa rutinitas latihan yang memang berbeda dan carilah salah satu latihan yang sangat cocok bagi Anda sendiri.

4. Lakukan shadow boxing (latihan tinju melawan bayangan)
Shadow boxing merupakan suatu jenis pemanasan yang bisa membantu Anda dalam mempraktikkan ritme atau irama gerakan, yang diperlukan pada saat pertandingan yang sebenarnya. Cobalah untuk melakukan shadow boxing sebanyak tiga putaran selama tiga menit pada masing-masing putaran (total sekitar 9 menit), dan apabila memungkinkan cobalah untuk melakukannya di depan cermin agar Anda bisa memeriksa lebi lanjut bentuk latihan Anda. Pastikan juga kalau Anda memiliki ruang yang cukup luas di semua sisi supaya Anda tidak cedera atau melukai orang lain.

Itulah beberapa gerakan pemanasan penting sebelum Anda berlatih atau bertanding dalam muay thai. Semoga dengan mempelajarinya dengan benar, maka Anda bisa menjadi seorang atlet muay thai jakarta barat dan Indonesia kebanggaan bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *