3 Sungai di Bandung yang Seru untuk Rafting Bandung

Kota Kembang, Bandung, cukup terkenal karena pesona mojang, wisata dan kulinernya. rafting pangalengan hanya itu, ternyata Bandung juga punya tempat yang seru untuk para pecinta olahraga air yaitu Rafting. Bagi Anda pecinta Rafting, hendaknya mencoba sensasi di Rafting Bandung jeram-jeram 4 sungai di Bandung ini.
1. Sungai Palayangan
Sungai palayangan adalah sungai yang berada di sekitar wilayah Danau Situ Cileunca hingga Hutan Pinus Rahong, tepatnya di Desa Wanasari Kec. Pangalengan Bandung Selatan.
Sungai palayangan memiliki lintasan yang menantang karena memliki tingkat kesulitan kelas 3 – 4 (Pada standar tingkat kesulitan 1 � 4) dengan lebar sungai sekitar 4 sampai 10 meter. Memiliki jeram dengan tinggi yang bervariasi, sungai ini cocok untuk Anda para expert maupun para pemula.
Sungai ini memiliki lintasan pengarungan kurang lebih sepanjang 5km yang ditempuh dalam waktu 2 jam pengarungan. Pengarungan dimulai dari Situ Cileunca, disela-sela pengarungan Anda akan sampai di bagaian sungai yang lebih lebar dan ada daratan di dalamnya, disini Anda bisa melakukan body rafting dengan melentangkan tubuh dan merasakan sensasi di seret arus yang tidak terlalu deras, dan untuk Anda yang suka foto-foto bisa sejenak mengabadikan momen disini.
2. Sungai Ciwidey
Sungai Ciwidey terletak di daerah Pasir Jambu, Kecamatan Ciwidey, Bandung Selatan. Sungai yang bermuara di sungai Citarum ini terletak dekat dengan kawasan kawah putih dan situ patenggang.
Sungai Ciwidey memiliki grade 3-5, memiliki lintasan yang cukup ekstrem dengan grade 3 – 5 dan ditambahi sungainya yang merupakan sungai bebatuan dan memiliki arus yang cukup kuat.
Sungai yang bermuara di Sungai Citarum ini memiliki tiga macam lintasan pengarungan, yaitu short trip dengan 5km lintasan pengarungan, medium trip dengan 10 – 12 km lintasan pengarungan, dan long trip dengan 18 km lintasan pengarungan.
3. Sungai Cisangkuy
Sungai Cisangkuy terletak di kecamatan Banjaran, Bandung Selatan, jaraknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota serta pengarungan yang cukup lama menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh sungai ini.
Sungai ini merupakan Sungai alami dengan lebar sekitar 14 meter, berbatu dan memiliki arus yang cukup deras. Memiliki tinggat kesulitan atau grade 3+, Anda bisa melakukan olahraga arung jeram dengan lintasan pengarungan short trip untuk 5 km lintasan pengarungan selama 1 jam dan long trip yang ditempuh selama kurang lebih 3 jam sepanjang 11 km.
Jeram-jeram di Sungai Cisangkuy didominasi oleh tipe Standing Wave dan Cusion, yaitu jeram yang menyerupai ombak terbentuk karena benturan arus Sungai dengan bebatuan. Selain bisa menikmati sensasi adrenalin yang menantang, Anda juga disuhuhkan pemandangan perkebunan yang indah dan udara yang sejuk di sepanjang sungai.

Yapp.. itulah 3 rekomendasi sungai di Bandung yang bisa Anda coba untuk Rafting. Sebelum Rafting jangan lupa chek perlengkapan secara benar ya, dan pilih rescue team yang professional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *